Wednesday, November 5, 2008

Laporan Hasil Seleksi Calon Penampil Festival Teater Mahasiswa Nasional IV 2009

Laporan Hasil Seleksi Calon Penampil
Festival Teater Mahasiswa Nasional IV 2009


Setelah Teater Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO IV), tahun 2007 anggota teater syahid bersepakat dalam suatu Musyawarah Besar untuk menetapkan ajang temu karya teater kampus itu sebagai program kerja utama pengurus 2008-2009. Para pengurus mulai berkoordinasi dengan pihak Rektorat UIN dan menyusun dengan seksama konsep yang akan menjadi acuan bentuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Melalui SK kepanitiaan, pengurus dan anggota melebur menjadi satu tim kepanitiaan dengan dukungan sejumlah organisasi mitra kerja, seperti; Komunitas Teater Kampus (KOTEKA) Jakarta dan Lab Teater Syahid.

Panitia melalukan berbagai rapat, diskusi dan sharing dengan berbagai macam kalangan untuk dapat menemukan konsep isi dan bentuk acara yang sesuai dengan situasi, kondisi dan modal yang dimiliki. supaya tepat sasaran tentunya dengan apa yang menjadi tujuan kegiatan tersebut, antara lain;
1. Meningkatkan kualitas proses penciptaan (produksi) karya teater kampus
2. Memberdayakan potensi SDM di setiap kelompok dan lingkungan teater kampus
3. Memperluas jaringan kerja dan informasi antar stakeholder kesenian
4. Mengembangkan apresiasi kritis masyarakat terhadap seni teater
5. Meningkatkan kinerja Teater Kampus sebagai basis kaderisasi teater di Indonesia.

Langkah selanjutnya setelah menemukan konsep dan aturan dasar kegiatan di atas, Panitia melakukan sosialisasi pertama dengan mengirimkan proposal kepesertaan FESTAMASIO IV ke 192 grup teater kampus se-Indonesia, termasuk wilayah bagian timur melalui kantor pos, email dan diperkuat oleh kontak telepon ke setiap grupnya. Bagi beberapa grup yang belum sempat terdata, dipersilahkan untuk mengkopi proposal tersebut dan selanjutnya panitia mengirimkan surat resmi susulan ke grup pemohon.

Jelasnya, sambutan dari berbagai teater kampus berdatangan seputar proses pendaftaran menjadi calon peserta. Hingga tanggal 10 September 2008 setelah diperpanjang 10 hari dari waktu yang telah ditetapkan, panitia menerima 43 grup calon penampil yang mendaftar dengan melampirkan struk ATM bersama berkas lainnya sesuai ketentuan dari panitia.

Perlu kiranya diperhatikan dan dimaklumi bahwa proposal acara yang memuat sejumlah informasi dan ketentuan peserta tidaklah mutlak. Sebaliknya, masih memungkinkan terjadinya perubahan sekaligus perkembangan pada tatanan operasionalnya. Beberapa point di bawah ini telah mengalami perkembangan dan perubahan yang penting kami informasikan kepada peserta sebagai salah satu bentuk tanggungjawab panitia:

Pertama; Waktu Regristrasi Peserta

Setelah ditetapkan batas akhir pengembalian formulir pada tanggal 30 Agustus 2008, ternyata Panitia belum memenuhi deadline tanggal yang telah ditentukan. Pasalnya, karena sampai pada tanggal 30 Agustus panitia baru menerima 8 pendaftar/grup. Di pihak lain, sejumlah calon peserta memohon pengunduran batas akhir penyeleksian. Atas dasar dua point itu dan juga pertimbangan internal lain, akhirnya panitia menetapkan batas akhir pengembalian formulir dan kelengkapan persyaratan sampai pada tanggal 10 September 2008. Terbukti secara kuantitatif panitia menerima 42 kampus calon peserta yang resmi mendaftar atau sekitar 25% dari surat undangan menjadi peserta yang tersebar. Dari jumlah di atas terdapat 2 (dua) calon peserta yang dinyatakan gugur oleh panitia, karena tidak melengkapi persyaratan sesuai proposal, yakni; Teater O/ Universitas Negeri Medan dan Teater Tangga/ Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jadi, jumlah calon peserta Festamasio IV yang resmi terdaftar adalah 40 grup teater kampus. ( Rincian data Peserta terlampir ).

Kedua : Proses Penyeleksian & Pengumuman

Dari Tiga nama kurator yang tercantum dalam proposal (Putu Wijaya, Dindon, Niniek L.Karim), terdapat satu kurator yang tidak bisa berpartisipasi untuk kali ini, karena kesibukan yaitu; Ibu Ninik L. Karim. Kemudian panitia menetapkan alternative lain sebagai tim kurator, yaitu Bapak Arie F. Batubara. Selanjutnya sebagai bentuk pertanggungjawaban kurator, panitia meminta ketiganya untuk membuat catatan hasil penyeleksian yang akan diberikan kepada semjua calon peserta terdaftar. (catatan 3 kurator terlampir)

Proses seleksi calon penampil melalui VCD pertunjukkan dilaksanakan pada tanggal 15 September s/d 15 Oktober 2008 bersamaan dengan pendataan surat masuk peserta. Adapun teknis penyeleksian, sebagai berikut;

1) Panitia menyerahkan VCD/DVD Pertunjukkan peserta ke 3 (tiga) kurator secara bertahap. Tahap I sebanyak 15 VCD pertunjukan grup. Tahap II sebanyak 25 VCD Pertunjukan grup.
2) Panitia bertanggung jawab akan kebutuhan tim kurator dalam teknis pengkurasian
3) Sistem penilaian berdasarkan kualitas pertunjukan bukan berdasarkan kualitas VCD/DVD.
4) Panitia meminta kepada 3 kurator sekurang-kurangnya 15 – 20 pertunjukan yang dianggap layak dan berkualitas untuk menjadi ppenampil.
5) Panitia menyerahkan sepenuhnya penilaian penyeleksian melalui VCD kepada tim kurator.
6) Panitia memfasilitasi pertemuan tiga kurator untuk menentukan nama-nama grup teater yang lolos seleksi.
7) Setiap kurator menetapkan nama-nama grup teaterdan di serahkan kepada panitia yang akan diputuskan dalam satu pertemuan bersama.
8) Bagi grup teater terpilih dan mendapatkan 3 suara dewan kurator artinya grup A dipilih oleh tiga kurator maka secara otomatis grup A lolos.
9) Bagi grup teater yang mendapatkan 2 suara dari 3 kurator artinya ada 1 kurator yang tidak memilih A maka akan dipertimbangkan oleh 3 kurator kembali dalam pertemuan dewan kurator.
10) Bagi grup teater yang mendapatkan 1 suara dari 3 kurator maka secara otomatis tidak menjadi nominasi sebagai peserta yang lolos dalam penyeleksian peserta.
11) Bagi grup teater yang tidak mendapatkan suara sama sekali artinya ke 3 kurator tidak memilihnya maka secara otomatis gugur.
12) Keputusan Final dewan kurator tentang nama-nama grup teater yang lolos seleksi dan berhak tampil diajang Festival Teater Mahasiswa nasional ( FESTAMASIO IV ) ditentukan oleh pertemuan dewan kurator bersama panitia. SK grup teater lolos seleksi terlampir
13) Terdapat 20 nama grup peserta yang dianggap kualitas dan lolos seleksi, ditambah usulan 1 grup peserta dianggap layak tampil di festamasio 2009 atas kesepakatan 3 kurator dan panitia

Soal waktu pengumuman HASIL, disebabkan pengunduran waktu pendaftaran sampai dengan tanggal 10 September, maka pengumuman hasil seleksi pun mengalami kemunduran dari jadual semula sekitar tanggal 25 September menjadi tanggal 25 Oktober mengikuti selesai proses penyeleksian dari tim kurator dan persiapan panitia dalam menyiapkan materi pengumuman berkaitan dengan kepastian berkas yang harus disampakan dalam sosialisasi II. berupa; Laporan naratif Panitia, SK Tim Kurator, catatan 3 kurator, Ketentuan teknis kepesertaan, Denah Panggung, Daftar perlengkapan yang disediakan panitia, dan lampiran data peserta.

Ketiga; Sayembara Naskah

Setelah melihat dengan seksama efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan sejumlah program di ajang FESTAMASIO IV, maka panitia mengambil inisiatif untuk bekerjasama dengan Federasi Teater Indonesia (FTI) tentang penanganan penilaian Naskah Drama peserta sesuai dengan program FTI yang tengah berjalan, yaitu Sayembara Penulisan Naskah Drama Nasional (SPND). Untuk itu, Naskah Drama calon peserta yang sudah dikirim ke panitia Festamasio IV 2009 akan kami serahkan kepada panitia SPND FTI dengan segala bentuk konsekuensi dan ketentuan sepenuhnya yang menjadi tanggung jawab FTI. Oleh karenanya untuk kelengkapan data, Para penulis naskah diharapkan mengirim beberapa lampiran tambahan sebagai berikut:
1) Foto copy KTP penulis naskah /identitas lain
2) Surat pernyataan original, belum pernah diterbitkan dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain, bermaterai 6000
3) Surat kesediaan ikut serta dalam lomba penulisan naskah drama FTI
4) Beserta ini kami melampirkan Brosur/ flyer SPNDN FTI sebagai bahan sosialisasi acara.

Adapun dari panitia Festamasio IV akan tetap memberikan bonus penghargaan bagi penulis dari calon peserta Festamasio IV yang menang dalam lomba tersebut.

Keempat ; Pelaksanaan Festival Teater Mahasiswa Nasional ( FESTAMASIO IV )

Untuk penyelenggaraan FESTAMASIO IV yang semula dijadualkan pada tanggal 1 s/d 8 Desember 2008 seperti yang tertera dalam proposal, setelah menimbang dari berbagai persoalan, antara lain;
1) Ketidaksiapan Tempat (Teater Luwes IKJ, Teater Studio TIM dan Wisma Wiyata Kuningan) dikarenakan padatnya jadual pemakaian pada waktu yang bersamaan.
2) Benturan jadual akademik, dimana pada bulan Desember mayoritas mahasiswa sedang melaksanakan ujian semester ganjil.
3) Kebutuhan waktu persiapan dan konsentrasi panitia yang lebih memadai.

Maka dengan sangat berat hati sekaligus harapan akan mutu penyelenggaraan kegiatan hajat tersebut, panitia menetapkan perubahan, yakni; pengunduran waktu pelaksanaan FESTAMASIO IV dari waktu sebagaimana yang tertera dalam proposal menjadi tanggal 27 Februari 2009 s/d 06 Maret 2009. ( jadual pelaksanaan Festamasio IV terlampir)

Demikian laporan naratif ini kami buat, permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika segala keputusan dan kebijakan panitia kurang berkenan di hati kawan-kawan sekalian. Atas perhatian, kerjasama dan dukungannya kami ucapkan terimakasih. Selamat berkarya!

SEMANGAT!


1 comments:

thahirTALASmakassar said...

lebih beraksi dan berwujud!

 
© Copyright by FESTAMASIO  |  Template by Blogspot tutorial